Saturday 4 November 2017

Cara menikmati masa muda di SMA

Haii sobb, siapa sih yang pengen masa mudanya berlalu gitu aja dan gak berkesan sama sekali? Siapa sih yang pengen nyia-nyiain raga dan waktu yang masih seger-segernya buat kegiatan basi yang dilakuin sehari-hari? Siapa sih yang gak pengen punya cerita masa muda buat diceritain ke anak cucu kita nanti? Nah.. kali ini gue akan coba bagikan tips atau cara buat kamu yang masih punya dan gak pengen masa muda mu basi. Tips yang bakalan kalian baca merupakan opini pribadi penulis berdasarkan pengalaman dan kisah nyata penulis waktu duduk di bangku SMA dulu.

Oke ini dia tips/cara yang bakal ngubah masa muda mu jadi lebih menarik :

  1. Keluar dari Zona Nyaman kalian
    Banyak dari kita yang nglewatin masa muda dengan santai-santai, mengikuti arus katanya, bahkan ngelakuin sesuatu yang gue anggep itu mbosenin banget. Pagi bangun tidur, siap-siap sekolah terus berangkat. Pagi sampe sore disekolah mantengin buku seharian, pulang sekolah langsung les sampe maghrib. Malemnya karena udah capek cuma bersihin badan, nata buku, terus tidur. Gituuuu aja terus selama tiga tahun, basi masa muda lo! Itulah yang gue maksud sama zona nyaman, kita ngelakuin sesuatu yang berulang-ulang selama bertahun-tahun dan kita enjoy aja. Ngerasa gak ada yang salah dengan hidup kita. Padahal kalo kita berani mengambil langkah sedikit aja buat keluar dari zona nyaman itu, kita bakaln tau apa itu tekanan, apa itu masalah, sesuatu yang gak direncanakan sebelumnya oleh kita, sesuatu yang tiba-tiba merusak rencana yang udah disusun. Kalo kalian berani keluar dari zona nyaman, kalian akan terlatih oleh situasi, kalian gak akan didewasakan hanya oleh buku tapi juga pengalaman. Dan proses mendapatkan pengalaman itulah yang akan kita nikmati. Sesuatu yang mbuat masa muda kita gak statis, tapi penuh guncangan! Memang sih akademis itu penting, tapi lebih bagus lagi kalo itu bisa imbang sama pengalaman. Lagipula ilmu itu gak hanya dateng dari buku/pelajaran di kelas kan?

  2. Cari temen sebanyak-banyaknya
    Temen itu yang paling penting. Karena kita gak bakal bisa nglakuin hal-hal yang bisa bikin berkesesan sendirian, karena kita gak akan bisa gila-gilaan sendirian, karena kita gak akan bisa berbagi emosi sendirian. Maka dari itu carilah temen sebanyak-banyaknya, gimana caranya? Ikuti organisasi/ektrsa yang ada di sekolah kalian, dengan begitu kalian pasti akan dapet temen cepat atau lambat. Gak peduli dari awal kalian emang sendiri di sekolah itu atau udah banyak temen dari sekolah sebelumnya, kalo kalian ikut organisasi/esktra temen kalian pasti akan nambah. Dan kalo cari temen itu carilah temen yang baik-baik tapi agak gila. Kenapa? Karena kalian gak akan dapet kenangan dari temen yang biasa biasa aja, bergaulah sama temen yang akhlak nya baik tapi mau diajak gila. Diajak gila disini maksudnya bukan 'gila' dalam artian sebenernya ya sob, gila dalam arti mereka mau diajak susah, mau jadi tempat berbagi emosi, mau diajak nakal sedikit, dll. Dan biasanya anak-anak aktivis organisasi/ekstrakurikuler sifatnya emang kayak gitu sob, jadi gue saranin aja ikuti organisasi di sekolah kalian

  3. Buat Ide gila
    Nah kalo kalian udah punya temen yang sesuai kategori di atas, hal selanjutnya adalah buat dan lakukan ide-ide gila kalian. Gue percaya bahwa masa-masa SMA itu masa dimana ide-ide liar dan gila berkeliaran di otak kalian, maka dari itu ekspresikan lah, lakukan lah. Eitss ada tapi nya nih, ekspresikan ide kalian buat hal-hal yang positif. Buat kegiatan contohnya, gak salah kan kita mencurahkan kreatifitas ke dalam sebuah kegiatan yang bisa melibatkan orang banyak. Selain bisa menampung ide dan kreatifitas, kita juga bisa memberikan manfaat bagi orang banyak, mengharumkan nama sekolah kita, bahkan bisa jadi cerita buat masa depan kelak. Nah makanya itu gue bilang sekali lagi, ikutilah organisasi guys... Tau kan maksudnya?

  4. Jadilah yang 'Ter-"
    Kalo lo gak ikut kegiatan/organisasi apapun di sekolah, its not problem guys. Kalian bisa buat masa muda kalain berkenang bahkan di lingkungan kelas sekalipun. Kunci nya yaitu jadilah yang ter-.... Kalo kalian punya keunggulan di bidang tertentu maka jadilah yang terbaik diantara temen-temen kalian, akademis misalnya. Dengan cara ini kalian bakalan dikenang, baik oleh guru atau temen-temen kalian. Kalo gak bisa jadi yang terbaik maka jadilah yang ter-.... hahahaha bukan terb*d*h atau apa ya sob, jadilah yang tergokil. Jadilah orang yang bisa bikin suasana kelas jadi mengasyikkan, bikin suasana kelas jadi hidup dan sebagainya. Dengan begitu kalian akan dikenang oleh temen-temen satu kelas kalian hahahaha.
Nah itu dia sob cara-cara supaya kalian bisa menikmati masa muda dan mengenangnya di masa depan kelak. Penulis memberikan tips atau cara-cara diatas bukan untuk mengubah kalian menjadi pribadi yang diinginkan penulis. Artikel ini hanya bertujuan untuk membantu kalian yang ingin menikmati masa muda bukan untuk mengubah cara hidup dan kepripadian kalian. Karena hal yang paling baik tetaplah menjadi diri sendiri sesuai yang kita inginkan. Semoga artikel ini membantu kalian, terimakasih sudah mau membaca. Selamat menikmati masa muda! Selamat membuat kenangan! 







EmoticonEmoticon