Tuesday 31 October 2017

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Seiring berkembangnya zaman kegiatan di sekolah juga bertambah banyak. Sekarang sekolah bukan hanya sekedar tempat untuk belajar akademis namun kini menjadi ajang untuk mengembangkan kemampuan non-akademis. Banyak sekolah di negara kita yang memiliki beragam ekstrakurikuler untuk menampung bakat dan minat siswa-siswa nya. Kegiatan ini jelas sangat bermanfaat karena tidak hanya sebagai sarana hiburan namun juga mendatangkan prestasi-prestasi yang bisa diraih diluar apa yang buku ajarkan kepada kita. Namun, kita juga tidak boleh terlena atas segala fasilitas yang telah disediakan oleh ekstrakurikuler, kita tidak boleh mengabdikan diri sepenuhnya untuk kegiatan yang diluar tujuan utama kita ke sekolah. Kebanyakan siswa terlalu antusisas terhadap kegiatan ini sehingga melupakan tugas utama mereka yatu belajar. Nah pada artikel ini, penulis mencoba memberikan tips dan saran supaya kegiatan ekstrakurikuler yang kita ambil bisa bermanfaat dan tanpa menggngu aktivitas utama kita.

  1. Kenali Bakat/Potensi Diri  
    Hal pertama yang harus kalian pahami adalah bakat anda, anda harus mengetahui dimana letak kelebihan anda. Setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Langkah selanjutnya adalah pilih kegiatan yang sesuai dengan bakat dan kelebihan anda. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut akan sangat berguna untuk mengembangkan bakat dan kelebihan kalian dan bisa mengubah hal tersebut menjadi suatu prestasi melalui perlombaan di tingkat daerah. Apabila tidak ada yang sesuai, pilihlah ekstra yang mirip-mirip dengan bakat kalian, misalnya bakat kalian adalah berlari, maka pilihlah ekstra yang banyak kaitannya dengan berlari contoh sepakbola, bola basket. Atau bakat kalian adalah mengarang cerita, pililah ekstra yang kaitannya dengan cipta cerita atau cipta puisi. Dengan demikian dalam ekstrakurikuler tersebut anda dapat mengembangkan bakat yang dimiliki lebih luas sambil belajar sesuatu yang baru.

  2. Pilihlah Kegiatan Sesuai dengan Minat
    Ada orang bilang bahwa segala hal yang kita lakukan akan berjalan dengan mulus apabila hal tersebut sesuai dengan minat kita. Jika kita senang melakukan hal tersebut seolah kita lupa akan waktu, rasa lelah dan letih. Hal ini lah yang harus anda pertimbangkan mengenai pemilihan kegiatan ekstrakurikuler. Walaupun tanpa bakat sekalipun apabila anda memiliki minat maka bukan mustahil anda dapat meraih prestasi yang tinggi. Maka dari itu temukanlah hal yang menjadi kesenangan bagi anda dan pilihlah kegiatan yang sesuai dengan nya

  3. Pilihlah kegiatan yang menurut anda akan berpengaruh besar terhadap masa depan
    Di luar bakat dan minat, ada satu poin penting yang berpengaruh yaitu memilih kegiatan yang kira-kira akan berguna di masa depan. Misalnya kegiatan yang berbau tekhnologi seperti blogging dan robotik. Dua hal tersebut jelas akan berpengaruh pada masa depan umat manusia yang akan bergantung pada jejaring internet dan menciptakan suatu sistem kecerdasan buatan sehingga terciptalah robot. Hal ini penting karena mau/tidak mau suka/tidak suka anda semua akan menjumpai hal tersebut. Maka ada baiknya kalian berkenalan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang sekiranya akan berguna di masa depan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan sekolah. Dilain konsep itu kita juga dapat mengenal hal baru yang kalain acuhkan sebelumnya.
  4. Pilihlah kegiatan yang berpotensi mendatangkan prestasi 
    Hal ini kebalikannya dari poin pertama, jika di sekolah anda terdapat suatu kegiatan ekstra yang selalu menduduki peringkat satu dalam perlombaan daerah maupun nasional, maka ikutilah kegiatan tersebut. kenapa? Karena selain jelas bahwa ekstra tersebut berkualitas anda juga dapat mengais ilmu dan istilahnya 'kecipratan' hal-hal berbau positif dari kegiatan tersebut. Contohnya : Di sekolah anda terdapat tim sepakbola yang selalu juara dalam popda, maka apabila anda ikut dalam tim tersebut selain mendapatkan prestasi dan piagam kalian juga dapat ilmu lebih dari tim yang berkualitas

    Ini tips yang terakhir yang gak masuk akal menurut penulis dan bisa dicoba apabila keempat poin diatas tidak cocok di terapkan di sekolah anda.
  5. Pilihlah ekstra secara acak 
    Mungkin tips yang kelima ini bertentangan dengan keempat tips diatas, namun adakalanya saat keempat tips diatas tidak terpenuhi maka ikutilah ekstra secara acak. Ekstrakurikuler juga bisa dijadikan sarana untuk membangkitkan bakat, minat dan potensi kalian. Jadi siapa tau bila kita mengikuti secara ekstra acak maka salah satu ekstra yang kita ikuti cocok dengan diri kita. 
Itu dia tips yang penulis dapat bagikan kepada kalian dalam hal pemilihan ekstrakurikuler, 5 hal tersebut penulis dapatkan dari pengalaman pribadi sebagai pengurus berbagai macam ekstrakrikuler di Sekolah Menengah Atas. Tuliskan komentar apabila kalian memiliki pendapat dan opini yang lain atau kurang setuju dengan tips yang penulis berikan. Selamat berekstrakurikuler! Selamat menikmati Masa Muda!




*)Nb : Gambar hanya pelengkap, tidak ada relasi diantara artikel dengan gambar.


EmoticonEmoticon