Wednesday 28 June 2017

Karya Tulis Ilmah : Pengaruh Literasi Terhadap Minat Baca Siswa (BAB 3)






BAB III
METODOLOGI  PENELITIAN

A.   Jenis Penelitian
Dalam karya tulis ini, penulis menggunakan jenis pnelitian sebagai berikut :
1.     Penelitian Kualitatif
        Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu dengan metode penelitian studi pustaka yaitu dengan meneliti dan mnganalisis hasil yang diperoleh dari berbaga sumber, seperti buku, dan media elektronik yang diperoleh untuk dijadikan bahan penelitian lebih lanjut.
2.     Penelitian Kuantitatif
Penelitian yangakan menghasilkan sebuah angka yang dapat dihitung. Penulis menggunakan jenis ini untuk mengukur seberapa jauh manfaat program literasi bagi siswa.

B.     Populasi dan Sampel
1.      Populasi
Populasi adalah wilayah generelasi yang terdiri dari obyek dan subyakyang memiliki kulatitas dan karakteristik tertentu untuk dijadikan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan. (Sugiyono. 2005 : 90) Populasi yang dijadikan oleh peneliti dalam karya tulis ilmiah ini adalah siswa SMA N 1 Purworejo.
2.      Sampel
Sampel adalah sebagian bahan penelitian yang diambil dari keseluruhan dan dianggap mewakili seluruh populasi. (Soekidjo. 2005 : 79) Dalam melakukan penelitian ini, peneltiti mengambil sampel dari populasi yaitu siswa SMA N 1 Purworejo yang mengikuti kegiatan literasi

C.     Tekhnik Pengumpulan Data
Agar data empiri dan teoritik yang diperlukan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini dapat terkumpul, penulis menggunaan tekhnik pengumpulan data berupa :

1.      Studi Elektroika
Tekhik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan metode studi elektronika. Pengumpulan data dari studi elektronika, yaitu pengumpulan data dengan cara mencari berbagai informasi dari media elektronik. Dengan metode studi elektronika akan lebih mudah dalam mencari informasi karena akses yang cepat dan efektif tanpa menunggu lama.



2.      Pembagian Angket Sosial
Selain studi elektronika, peneliti juga membagika angket penelitian kepada  populasi tujuan penelitian yang dalam hal ini diambil dua puluh sampel penelitian untuk membandingkan hasil studi dengan fakta yang terjadi.

D.     Tekhnik Analisis Data
Analsis adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang telah diperoleh dari hasil wawancara dengan cara mengkategorikan data dan memilih mana yang penting dan tidak penting, dan menarik kesimpulan sehingga mudah untuk dipahami oleh diri sendiri dan orang lain. Teknik analisis yang digunakan bdengan cara berikut ini :

1.       Kajian Pustaka
          Dengan Tekhnik ini, penulis dapat mengambil berbagai informasi yang berasal daristudi elektronika. Dengan mengambil informasi yang jelas tersebut, penulis akan membandingkan bahwa studi di lapangan setidakya harus seimbang dengan referensi yang diperoleh dari studi elektronika.
2.      Analisi Data
          Setelah peneliti memperoleh data dari studi elektronika dan angket penelitian. Peneliti lalu membahas data tersebut dengan membandingkan antar studi. Data antar studi harus mempunyai kesinambungan shingga masalah yang ada dalam peelitian dapat terpecahkan dan dapat terselesaikan.
3.      Kesimpulan
Dari data yang sudah terkumpul dan sudah dibahas, penulis dapat meyimpulkan data penelitian tersebut. Dari kesimpulan dapat dirumuskan seberapa efektif pelaksanaan progra literasi dan pengaruhnya bagi siswa.

E.     Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian adalah alat yag digunakan untuk mengumpulkan, megolah, dan menyelidiki suatu masalah dalam penelitia. Seemua alat yang medukung penelitian termasuk instrumen penelitian. Instrumen dalam penelitian ini yaitu :

a.       Angket penelitian
Untuk membandingkan informasi yang didapat dengan fakta yang terjadi, maka penulis membagikan angket penelitian yang berisi pertanyaan untuk menguji teori dan informasi yang diperoleh kepada populasi yang berkaitan dengan topik penelitian.



b.      Referensi buku dan elektronik
Selain angket, instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian, yaitu referensi dari buku dan media elektronik. Penulis mengutip referensi dari buku dengan tujuan untuk menambah informasi yang berkaitan dengan penelitian. Selain itu, media elektronik juga digunakan untuk melengkapi informasi dari referensi buku tersebut. Sehingga informasi yang didapat
menjadi lebih banyak dan penelitian dapat diselesaikan dengan baik.

F.     Variabel Penelitian
        Variabel penelitian adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Suharsimi Arikunto,1998:99). Dengan kata lain variabel penelitian adalah sesuatu yang menajadi objek dalam sebuah penelitiandan penting peranannya dalam suatu penelitia. Adapun variabel dalam penelitian ada dua, yaitu :
a.       Variabel Bebas
Variabel bebas yaitu variabel yang dapat mempengaruhi variabel lain, seperti variabel terikat. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini, yaitu program literasi SMA N 1 Purworejo.

b.      Variabel Terikat
Variabel terikat yaitu variabel yang sangat bergantung dengan variabel lain. Yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat baca siswa SMA N 1 Purworejo.



EmoticonEmoticon