Friday 1 April 2016

Sepenggal Kisah Outdoor Learning 'Gadamolas' Smansa

Assalamualaikum w. w.
Nah kali ini saya mau berbagi sedikit kisah tentang Outdoor Learning (OdL) GM'15 Smansa yang dilaksanakan pada 29 Maret 2016 lalu. Kisah ini saya tujukan kepada adik-adik kelas yang penasaran apa sih OdL itu dan kepada saya pribadi serta teman-teman MG'18 dari masa depan nanti, tapi bukan berarti teman-teman tidak boleh membaca kisah ini. Yakk silahkan disimak dan selamat membaca :)

Persiapan kegiatan ini sebenarnya sudah dilaksanakan jauh sebelum hari pelaksanaannya, tepatnya dua/tiga minggu sebelum pelaksanaan, diadakan beberapa kali briefing tentang pemberitahuan kepada orang tua, isi daripada kegiatan ini, serta pembagian kelompok mapel dan Alhamdulillah waktu itu saya kebagian di kelompok Fisika. Alhamdulillah beneran sob walaupun awalnya berpikiran kalo fisika itu susah atau gimana tapi waktu pelaksanaannya ternyata kelompok mapel fisika itu yang paling enak sob! Nanti saya sertakan rundown kegiatan OdL 2016 dehh

Baiklah saya mulai dari awal pemberangkatan, jadi kami dikumpulkan di Aula Sekolah untuk registrasi ulang dan mendapatkan pengarahan dari Panitia/Kepala Sekolah. Kebetulan saat itu kegiatan ini bertepatan dengan kegiatan Study Tour kelas XI yang sudah berangkat lebih awal kira-kira pukul 05.00 WIB. Setelah mendapatkan pengarahan kami berangkat menuju lokasi masing-masing menggunakan bus BIMO. Berhubung saya ada di kelompok Fisika, jadi saya akan menceritakan pengalaman kami di Taman Pintar Yogyakarta bersama dua pembimbing dan pembina kami Ibu Ari Wahyuni dan Bapak Pranata

Nah kami tiba di Taman Pintar Yogyakarta pukul 09.00 WIB dan langsung menuju pintu masuk Taman Pintar, kami menunggu beberapa menit selama pembina membeli tiket masuk. Setelah mendapatkan tiket kami langsung melakukan observasi dan pengamatan di objek tuhjuan hingga pukul 11.15 WIB. Setelah itu kami berjalan menuju parkiran bus dan melanjutkan perjalanan menju Ratu Boko guna Ishoma dan having fun sejenak.

Setelah Shalat dan menyantap makan siang yang disediakan panitia kami segera menuju kompleks Ratu Boko guna bersenang-senang(kebanyakan foto-foto sih sebeernya :v). Nah sob disana tuh ada kenangan yang mungkin akan terasa hangat beberapa tahun kedepan, jadi setelah berkeliling di kompleks Ratu Boko, kami memutuskan untuk membuat kenangan yang memorable yaitu dengan berbaris membentuk tulisan GM 15. Kami berterimakasih banyak kepada teman-teman yang telah bersedia bekerja sama membentuk kenangan indah ini (Duh kayak apaan aja yak :'D). Pembertahuan dari Pak Hendro bahwa kegiatan di Ratu Boko usai pukul 14.30 WIB jadi setelah berbaris membentuk tulisan GM 15 kami langsung menyempatkan diri berfoto bersama teman-teman satu kelas. Ya saya dengan Fossfor(Federation Student of Science Four) artinya kelas MIPA 4 gitu ajalah ya :'v. Tepat pukul 14.20 WIB kami semua berjalan turun menuju tempat parkiran bus yang tersedia untuk melanjutkan ke acara selanjutnya yaitu jeng-jeng ke Malioboro...

Pukul 14.30 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju Malioboro dan tiba disana dengan bermacam-macam waktu. Ada yang sampek pukul 16.00 WIB, 16.30 WIB bahkan pukul 17.00 WIB karena ada sedikit masalah di jalan. Tadinya Bapak Hendro mengumumkan bahwa pukul 17.30WIB kami harus kembali ke bus tapi karena ada yang protes waktunya terlalu sempit jadinya kami berngkat pulang pukul 18.00 WIB. Ini bagian uniknya sob, gak tau kenapa setiap jalan-jalan ke Malioboro waktu ada event dari sekolah ada aja kejadian uniknya. Saya gak mau kejadian waktu diklat Gamma/Gading terulang lagi jadi saya serta temen-temen jalan kaki menuju arah Malioboro. Disana kami ribut mencari tempat untuk shalat Ashar dan akhirnya memutuskan untuk shalat di Mushola Malioboro Mall. Setelah shalat saya bersama rombongan yang terdiri dari Faizi, Damar, Galih, Yusura, dan yang lain, pergi ke Gramedia untuk sekedar menghabiskan waktu. Setelah ke Gramedia Yusura ikut kelompok kelasnya dan kami memutuskan untuk ke Sport Station dan naik ke lantai atas menuju food court dan berencana makan disana. Nah sebagai catatan anggota kelompok kami yang tadinya terdiri dari 6 anak ketambahan Sakti, Haris dll. dan jumlahnya menajdi 9 anak.

Sembilan anak yang kelaparan tersebut berusaha mencari makanan yang cocok di kantong dan kenyang di perut. Bebekal pengalaman di Hokben pada saat diklat Gamma/Gading akhirnya kami memutuskan untuk makan di KFC. Ragu lagi, ya teman-teman kami ragu dengan harganya sehingga saya perwakilan dari kelompok menanyakan harga paket untuk 9 anak. ternyata peranak cukup membayar 33.300 rupiah dan saat mendengar nominal tersebut 5 anak gugur (kayak apaan aja gugur :v). Dan akhirnya hanya tersisa empat anak, ada Saya, Haris, Damar dan Sakti. Karena gak mau kelamaan milih menu kami langsung aja nurut sama pilihan petugas KFC nya dan hanya menunggu beberapa menit makanan pun siap di santap. Awalnya saya kira cuma disediain nasi ayam sama minum, ternyata ada tambahan beberapa dessert sama kaset mp3 dari band-band yang kurang familiar. Yah namanya dikasih masak ditolak yaudah kami ambil. Uniknya di salah satu menu makanan yang kami santap ada dessert yang agak aneh sebenernya, baru pertama kali saya coba dan lidah saya kurang cocok sama maknaan itu begitu juga sama Haris, Damar, tapi enggak di Sakti. Katanya malah enak... yah lidah orang kan bermacam-macam ya mungkin gak cocok aja sama kami :v. Oke setelah selese makan kami langsung turun dan berjalan menuju bus -yang kebetulan lagi empat anak itu satu bus semua di mapel Fisika- karena waktu sudah menunjukkan pukul 17.40 WIB. Begitu tiba di Bus kami langsung menuju tempat duduk masing-masing, menunggu beberapa teman yang belum sampai dan melanjutkan perjalanan pulang.

Perjalanan pulang tidak terasa spesial sama seklai di bus kami, karena mungkin sudah kelelahan seharian beraktivitas jadi rata-rata anak pada istirahat. Ada sih sesekali bercanda, ngerjain orang tidur, atau ketawa gak jelas tapi tetep gak serame perjalanan berangkatnya. Saya pribadi menghabiskan waktu dengan menikmati perjalanan ditemani beberapa musik tenang dari handphone. Akhirnya kami sampai pada Sekolah Tercinta pukul 20.00 WIB setelah 1,5jam perjalanan dan masing-masing anak segera kembali ke rumah mereka. Selesaiii~~

Terimakasih sekali lagi saya ucapkan kepada para pembaca dan panitia serta teman-teman yang tergabung di Outdoor Learning GM'15 SMA N 1 Purworejo. Sepenggal kisah menarik yang layak saya cantumkan pada sejarah hidup saya :))

Kelompok Mapel Fisika Outdoor Learning 2016

Selfiee dulu sambil nunggu pembina beli tiket :v

Pasukan Fisika dari X-MIPA 4

Kumpul Bareng Temen di Ratu Boko, Selfie doeloee

Cieh yang foto kelasnya pake Banner sendiri