Wednesday 7 March 2018

'Am I Failure?' Catatan Harian Kelas XII Bagian 1

Hi guys, postingan kali ini gue bakalan cerita sedikit mengenai catatan harian gue selama menjadi murid kelas XII hingga perjuangan memperebutkan kursi perguruan tinggi tahun 2018. Postingan kali ini agak beda nih, jadi karena agak panjang gue bagi jadi tiga post dengan harapan supaya para pembaca gak merasa bosan dengan tulisan gue. Waktu penulisannya pun berbeda-beda sesuai judul tanggal pada post ini (mengingat ini adalah catatan harian) dan diakhir post (bagian 3) gue rangkum semua pengalaman gue dan gue kasih tips yang InsyaAllah akan membantu teman/adik yang akan berjuang untuk melanjutkan pendidikan. Jadi, harapan gue lo baca sampe akhir (bagian 3) dan semoga gue bisa menginspirasi dan memberikan manfaat ke lo melalui tulisan ini. Selamat membaca :)

23 Februari 2018

Akhirnya tiba juga disaat gue menjadi pelajar tingkat akhir di sekolahan, masa-masa bagi para pelajar kelas XII di seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya. Dan di masa-masa inilah pertaruhan gue dimlai. Seperti yang gue utarakan sebelumnya di kelas X bahwa gue emang niat buat cari pengalaman sebanyak-banyaknya di SMA, dan emang gak niat buat ikut SNMPTN. Kenapa gak dua-duanya sekalian kak? Jawabannya simpel karena gue bukan orang yang istimewa, orang yang bisa multitasking dan bisa memetik buah dari dua pohon berbeda secara bersamaan. Gue tipe orang yang hanya bisa fokus ke satu tujuan aja, jadi kalau dari awal udah ditentuin ya gue fokus ke tujuan itu. Sesuai janji gue di kelas X. Gue harus mati-matian belajar dan ngejar ketertinggalan materi yang selama dua tahun belakangan cuma gue anggap angin lewat aja. Gue bener-bener harus belajar super keras, kalau temen gue belajar malem hari doang maka gue harus belajar malam dan pagi harinya, kalau temen gue belajar di pagi dan malam hari maka gue harus belajar lebih keras di pagi saing dan malam harinya. Itulah konsekuensi yang harus gue terima. Tapi ternyata, hal itu emang terasa lebih berat dari apa yang gue bayangkan dulu. Gimana nyeseknya ngejalanin hari-hari yang sama selama satu tahun, bertolak belakang dari gue waktu kelas X dan XI yang kerjaannya main kesana kemari. Gimana nyeseknya berjuang dari 0 dimana temen-temen lo udah ada di level 100. Ngerasaiin gimana temen-temen lo bahagia karena lolos SNMPTN yang gak ada rasa perjuangannya sama sekali *ehem. Di tambah orang yang deket sama lo gak bisa ngertiin perasaan lo saat itu. Terus menerus cerita mengenai SNMPTN yang dia ambil, gak ngerti bahwa setiap dia cerita rasa penyesalan di hati gue akan terus bertambah. Yaudah bayangin aja sob, gue udah kelas XII di akhir taun ajaran, gue gak lolos SNMPTN, dan gue masih lebih goblok dari temen-temen gue yang lolos SNMPTN gara-gara ketinggalan materi selama dua tahun, dan bayang-bayang SBMPTN selalu datang menghantui, gimana kalao rencana hidup yang gue susun di awal kelas X gak berjalan semulus yang gue kira? Itu yang gue pikirin setiap hari. Saat tulisan ini dibuat pada tanggal 23 Februari 2018 pukul 04:38 adalah saat terjenuh gue.
Yah setelah pengumuman semuanya berubah, temen-temen pada ngomongin mau nerusin kemana dan respon gue? Bodoamat! Gue punya rencana sendiri buat kehidupan gue, yah tapi walaupun gitu rasa penyesalan tetep ada, kenapa? Mungkin pengalaman yang gue kumpulin selama dua tahun memang belum berguna di kelas xii ini, mungkin juga akademis lah yang paling krusial saat kita di kelas xii ini. Maka dari itu rasa penyesalan yang gw kira gak akan sebesar ini bakalan bikin gw jadi menderita.
Tapi gue bukan tipe orang yang menyerah untuk keadaan, hal-hal diatas malah bisa dijadikan motivasi supaya gue belajar lebih giat lagi dalam mencapai cita-cita gue.

5 Maret 2018

Malam sebelum TUC USBN Kimia dan Biologi dimana mapel tersebut bukanlah pilihanku dalan UN di bulan april nanti. Lha terus kenapa? Pengaruh nya apa? Jelas berpengaruh bagi gue sob. Jadi gue ceritain dikit mengenai diri gue. Gue adalah orang yang memiliki ambisi dan tujuan yang jelas, gak peduli sesulit atau se mustahil apapun itu. Selama gue pengen pasti gue usahaiin. Nah jadi ceritanya dua mapel itu bukan pilihan gue di UN. Terus gue mikir, ini mapel gak ada kaitanya sama ambisi gue? Mending biarin aja dah apa adanya, toh kalau ujian sekolah semua pasti lulus kok. Nah karena mindset gue udah kayak gitu dari awal, jadi setiap ketemu ujian atau pelajaran dua mapel itu gue gak pernah persiapan sob. Sama sekali. Saat itu juga. Jadi kan udah malem sekitar jam 9 dan gue udah ngantuk. Tiba-tiba gue inget kata Bang Sabda (Tutor Zenius). Dia bilang ilmu itu gak ada yang sia-sia. Gue ngeyel karena kenyataannya di sekolah yang lebih di cari adalah nilai bukan ilmu. Setelah debat kesana kemari akhirnya gue mikir. Bener juga kata ni orang. SBMPTN kan masih ada dua mapel itu. Gimana kalo gue gak lolos SBMPTN gara-gara dua mapel ini. Nah abis itu gue sadar, bener kata dia. Ilmu itu gak ada yang sia-sia. Semenjak itu gue paksain deh buka-buka buku Kimia dan Biologi. Padahal itu udah H-7 USBN. Tapi gue percaya bahwa siapa yang sungguh-sunguh dia pasti bisa. :)

7 Maret 2018

Hasil pengumuman Tuc UNBK. And guess what? Yes, iam failed again. Untuk sekian kalinya gue gagal dalam akademik. Dan parahnya nilai yang gue dapet bahkan gak naik sama sekali, turuuun jauh. Padahal kalau diliat dari TUC sebelumnya yang nilai gue masih sangaaat jelek dan ini malah tambah jelek lagi. Gue gak habis pikir sama temen-temen gue  yang selalu bilang kalo mereka gak pernah belajar di rumah dan nyatanya? Nilai nya lebih bagus daripada gue. So what's wrong with me? Apa yang salah sama diri gue? Gue udah belajar serius, mencoba memperbaiki banyak lubang yang gue buat di kelas X sampe kelas XII. Tapi hasilnya? Hal kayak ginilah yang selalu bikin gue kecewa, depresi, sedih. Apa usaha yang gue lakuin sia-sia? Apa cara gue salah? Apakah orang bodoh itu gak bisa jadi pinter dengan berusaha? Gue selalu percaya kalau gagal itu proses menuju berhasil, tapi apa nyatanya? Setiap gue gagal depresi yang selalu menemani dan cuma dengan tulisan ini gue bisa mengekspresikan kesedihan yang ada.  Tapi yang lalu biarlah berlalu, gue gak boleh nyerah hanya karena kegagalan. Gue harus sabar, berpikir positif mungkin ini adalah ujian yang diberikan Allah kepada hambaNya yang sedang berusaha meraih mimpi yang terdengar mustahil bagi kebanyakan orang. I must be strong and always remember that Allah is always with me. Keep Going on, don't let your spirit down. Go on because you are special :) *I said it to myself

12 Maret 2018

Depresi itu emang sesuatu yang sangat menyakitkan bagi gue. Dimana itu sering terjadi sewaktu gue kelas XII. Pengorbanan akademik di kelas X, XI ternyata bukan hal yang bisa dibayar dengan murah. Gak jarang gue nyeselin jalan yang gue pilih, but what now? Depresi yang paling ngena itu ketika gue udah berusaha mati-matian belajar siang malem pagi sore, lalu waktu TUC gue seakan dikhianati oleh usaha gue sendiri. Ditambah tekanan dari mimpi 'besar' gue yang udah gue propagandakan ke semua orang sementara gue belum ada apa-apanya buat nglompatin lubang dan menuju lautan mimpi yang luas. Ditambah tekanan lingkungan yang rata-rata memiliki kemampuan intelek diatas gue. Ditambah dari TUC pertama hingga artikel ini dibuat hanya ada sedikit peningkatan. Dan ketika rasa depresi itu memuncak gue gak pernah cerita ke semua orang, hanya tulisan ini yang merenggut rasa sedih di hati gue. Playlist : Welcome to My Life- Simple Plan, Perfect -Simple Plan, Fix You -Coldplay. My depresion song playlist. Try it if you're in same position with me

I promise you i will learn from my mistakes.
I wont give up

17 April 2018

Yakk betul, kalian semua pasti sudah bisa menebak apa yang terjadi pada tanggal 17 April 2018. Pengumuman SNMPTN. Loh emang apa pedulimu hib? Gak tau kenapa, tapi gara-gara pengumuman ini, gue jadi bisa ngerasaiin apa yang dibilang nyesek sama kakak kelas. Nyesek ketika lo harus berjuang sementara temen-temen lo udah main kesana kemari, main-main sepuasnya karena udah dapet sekolah. Well, awalnya gue ngeremehin hal ini tapi setelah gue mengalami langsung kenyataan lebih pahit dari perkiraan. Tapi kan lo baru belajar kelas 12 ini hib, sementara mereka udah dari kelas 10? Yang jadi masalahnya adalah belum tentu gue bisa lolos SBMPTN dengan waktu belajar yang hanya kurang dari setahun ( Just three month actually). Gue bukan jenius. Dan itu yang paling bikin nyesek. Apalagi peraturan penilaian SBMPTN diubah dan mau gak mau gue juga harus rombak semua strategi gue kalo mau lulus SBMPTN 2018 dan diterima di PTN yang gue inginkan. Percayalah kelas 12 itu adalah masa-masa dimana stress selalu membayangi, takut akan kegagalan, takut menghadapi kenyataan, dan hal itulah yang membuat gue pesimis dalam menjalani hidup.
But i hope everything's gonna be alraight. I Wish :)

3 Mei 2018

Hari Wisuda kelas XII. Entah kenapa gue yang punya banyak kenangan di SMA malah gak tertarik sama seklai dengan wisuda ini, sampe-sampe gue punya niatan untuk gak datang pada hari terakhir sebagai seorang pelajar SMA. Mungkin semua ini karena hati gue belum tenang aja selama belum dapet tempat kuliah. Yahhh begitulah... preasure yang gue alamin begitu berat sehingga rasa yang gue punya seakan-akan mati. Waktu dateng ke acara, gue liat banyak temen-temen yang bercanda, tertawa, seneng, menikmati suasana dll. Tapi gue kagak. Gue mikir H-5 SBMPTN, H-5 Masa depan gue mau dibawa kemana dan ngapain gue buang-buang waktu disini? Tapi walaupun gitu gue gak boleh keliatan sedih waktu wisuda. Sebisa mungkin gue keliatan ikut seneng tertawa, selagi hati gue nyesek. Nyesek lihat mereka yang udah bisa seneng-seneng karena udah jelas pendidikannya. Mungkin ini lo anggap lebay, tapi terserah gue gak peduli, lo mau berkomentar apapun itu hak lo. Lama kelamaan rasa nyesek itu berubah jadi iri dan benci. Gakpapa gue jujur aja sekalian disini, gue keluarin isi hati gue.. lo mau protes silahkan. Bagi lo yang udah berada di zona nyaman gak akan pernah tau apa yang gue rasaiin.

4 Mei 2018

Pengumuman hasil UN? And guess what...? Yeahh iam failed again. Selalu selalu selalu dan selalu gue gagal dalam berjuang. Sebenernya gue udah belajar, mungkin lebih keras dari yang lain, dan kenapa hasil yang gue terima gak jauh lebih baik dari mereka yang belajar seadanya? Dan parahnya lagi, yang bikin gue sakit hati adalah orang-orang yang munafik! Yang katanya setelah ngerjaiin UN mereka gagal gak bisa ngerjain, mereka yang bilang kalo dapet nilai 6 aja udah Alhamdulillah.. Tapi nyatanya? Semua hasilnya lebih baik dari hasil yang udah gue usahaiin selama ini, bahkan hal kayak gini udah berulang-ulang.. bodohnya gue percaya sama orang kayak gitu haha. Bagi kalian yang jenius mungkin gak akan bisa memahami tulisan gue.
Gara-gara itu kembali lagi gue sering ngerasa gak adil sama mereka yang punya kelebihan di otak. Kenapa mereka yang usahanya minim bisa dapet hasil yang maksimal, sementara gue yang biasa-biasa aja dan udah usaha maksimal malah dapet hasil yang sebaliknya? Terus gimana? deprsi lagi? Jelass lah. Gak tau udah berapa banyak kegagalan yang gue alami dan hingga saat ini gue masih gagal. Catet nih! Gak selamanya orang yang deket sama lo itu bisa bikin lo semangat, berhati-hatilah karena ketika dia udah ngancurin lo, rasanya bakalan lebih parah dari mereka yang ngancurin lo terang-terangan.
Rasanya semua rencana yang udah gue susun mateng-mateng udah gak ada harapan lagi. Kuliah di IT*? UN lo aja ancur ngarep banget kuliah di sana hahaha. Tapi gue diselamatin sama tulisan ini, entah kenapa setiap ada maslaah dan gue tulis semua disini, hati gue jadi tenang dan mulai bisa nerima kenyataan. Gue akan coba bangkit lagi, gue akan coba berjuang lagi buat masa depan gue. Karena gue yakin bahwa Allah memberikan cobaan sesuai dengan porsi dan kemampuan hamba-Nya masing-masing :) 

8 Mei 2018

Pelaksanaan SBMPTN 2018, yang udah gue tunggu-tunggu selama ini. Hasilnya ? Pasrah, Tawakal :)

3 Juli 2018

Pengumuman hasil SBMPTN. I am Failure. Sorry mom, dad.

Nyerah? Gue percaya ada alasan dibalik semua ini, dan gue tetep berjuang buat masa depan yang gue percaya akan berakhir dengan senyuman. Ditambah gue yakin kalo Allah pasti beri yang terbaik bagi hamba-Nya yang mau berikhtiar dan bertawakkal.

Buat cerita selanjutnya akan gue post di blog ini. Stay tune :)







EmoticonEmoticon