Wednesday 28 June 2017

Karya Tulis Ilmah : Pengaruh Literasi Terhadap Minat Baca Siswa (BAB 5)




BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kegiatan berliterasi merupakan hal yang penting bagi manusia karena dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Namun seperti yang kita ketahui bahwa budaya literasi mulai memudar pada zaman teknologi pada saat ini. Manusia cenderung dikuasai oleh teknologi yang mereka ciptakan sendiri dan tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang manusia memiliki sifat ketergantungan terhadap teknologi yang dianggap lebih praktis. Menyadari hal tersebut pemerintah merevolusikan sistem pendidikan yang telah diterapkan supaya generasi penerus bangsa tetap melestarikan budaya literasi dan memanfaatkan teknologi dengan hal-hal positif. Program literasi yang diadakan SMA N 1 Purworejo juga merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya literasi bagi siswa-siwanya.
Program literasi tersebut bisa dikatakan berhasil diterapkan di SMA N 1 Purworejo. Selain ditunjang antusiasme siswa yang tinggi, sarana yang diberikan sekolah untuk program tersebut juga cukup memadai. Kegiatan membaca buku/artikel non pelajaran selama lima belas menit sebelum pelajaran tergolong efektif bagi otak siswa yang masih segar dan sebagai persiapan menuju kegiatan belajar mengajar. Minat baca siswa menjadi lebih tinggi adalah salah satu manfaat dari kegiatan ini. Namun kendala waktu yang tergolong singkat karena terpotong acara pada pagi hari juga berdampak pada motivasi siswa yang berkurang untuk mengikuti kegiatan ini. 
B.     Saran
Dari kesimpulan yang telah diambil maka, sebaiknya setiap orang mengetahui tentang pentingnya kesadaran membaca atau berliterasi bagi kehidupan, memanfaatkan teknologi dengan baik dan membatasi penggunaanya supaya tidak memiliki sifat keergantungan. Program literasi yang diadakan di SMA N 1 Purworejo bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain.
Untuk penyelenggara program literasi di SMA N 1 Purworejo siswa mengharapkan penambahan waktu literasi supaya lebih efektif, dan menyediakan lebih buku bacaan sehingga para siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

                                 


DAFTAR PUSTAKA


EmoticonEmoticon